Pemecahan Masalah

Manusia pada hakikatnya senantiasa dihadapkan pada banyak sekali permasalahan hidup yang mempunyai tingkat kesulitan bervariatif. Tingkat permasalahan yang timbul ini selalu pas pada kemampuan yang dimililki manusia sehingga manusia dipastikan mampu untuk menyelesaikan permasalahan itu. Pemecahan masalah merupakan skill yang secara tidak langsung dimiliki oleh masing-masing individu. Jadi setiap metode pemecahan masalah hanya sebatas metode alternatif yang dapat dipilih untuk memecahkan masalah secara tepat dan efektif.

Dalam artikel ini saya akan sedikit memberikan tips untuk menyelesaikan masalah dengan basis keilmuan saya. Oleh karena basis keilmuan saya adalah komputer maka saya akan memberikan tips problem solving dengan metode pendekatan sistem (mungkin terkesan teoritis). Saya seringkali menggunakan metode ini untuk menyelesaikan masalah baik yang sederhana maupun yang sangat rumit sekalipun.

1. Deskripsikan masalah anda
Pendeskripsian masalah ini bertujuan untuk mengenali setiap sudut masalah yang sedang anda alami. Selain itu deskripsi yang anda buat mengenai masalah anda sendiri ini akan lebih memudahkan anda untuk mengetahui sumber dari masalah anda.
2. Tentukan beberapa solusi alternatif
Solusi alternatif bukan berarti keputusan yang harus anda ambil untuk menyelesaikan masalah anda, melainkan beberapa rancangan solusi yang bebas untuk anda gunakan. Usahakan solusi alternatif ini mengacu pada penyelesaian masalah anda secara efektif. Tulis solusi alternatif pada secarik kertas untuk memudahkan untuk menimbangnya.
3. Tentukan solusi terbaik
Sumber dari solusi ini adalah dari solusi alternatif yang sudah anda tentukan dan fikirkan.
4. Terapkan solusi anda
Pilih waktu yang tepat untuk menyelesaikan masalah anda, jangan pernah menunda pemecahan masalah anda karena akan menambah masalah baru nantinya.
5. Lakukan peninjauan pada hasil
Setelah solusi itu diterapkan dalam perbuatan (action) maka anda harus mengamati hasil dari solusi yang anda terapkan apakah masalah anda sudah terselesaikan.

Diatas adalah beberapa langkah yang biasa saya terapkan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Selamat mencoba trik yang saya berikan tapi ingat,
" MANUSIA MEMPUNYAI NALURI UNTUK MENYELESAIKAN MASALAHNYA DENGAN CARANYA SENDIRI DAN TRIK DIATAS HANYALAH GAMBARAN ALTERNATIF UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH SECARA EFEKTIF "

0 Responses to "Pemecahan Masalah"

Post a Comment