Pemimpin Bijak, Siapa?

Hari ini saya ingin mengutarakan sedikit tentang jiwa kepemimpinan. Sebelumnya, sudahkah anda menemui sosok seorang pemimpin yang masuk dalam kriteria 'baik' menurut pandangan anda?. Kriteria pemimpin yang baik mungkin berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.

Para pembaca sekalian, Imam al-Ghazali pernah mengungkapkan cerita tentang seorang raja bernama Anusyirwan.

Pada suatu waktu raja yang sangat dihormati tersebut menderita sakit. Sang raja mengungkapkan kepada anak buahnya kalau dia hanya bisa disembuhkan dengan 'SUSU BASI' yang ada di sebuah daerah di kawasan negaranya yang 'HANCUR'. Maka, berangkatlah para pesuruh kerajaan untuk mencari susu basi tersebut. Setiap pelosok kerajaan disisir oleh para anak buah raja yang setia, tapi nihil, karena tidak satupun dari anak buah raja yang menemukan sebuah kawasan yang hancur di kawasan kerajaannya. Bahkan tidak ada seliterpun 'SUSU BASI' yang mereka temui.

Karena para anak buah raja ini sudah kualahan mencari kesana kemari maka kembalilah mereka untuk menghadap raja dengan hasil nihil. Tanpa diduga, raja Anusyirwan mengucapkan Alhamdulillah. Spontan para anak buah kerajaan terheran. Lantas sang raja memberitahukan maksud sebenarnya. Sang raja berkata,"Jika tidak seliterpun kalian temui SUSU BASI berarti perekonomian rakyat di dalam negaraku berjalan dengan baik. Dan jika tidak satupun kalian temui kawasan yang hancur maka saya akan segera membangunnya".

Seandainya saja masih ada sosok pemimpin yang sungguh bijaksana di negara kita ini.

0 Responses to "Pemimpin Bijak, Siapa?"

Post a Comment