Pentingnya Niat

Dalam melakukan kegiatan, pasti semua kita mempunyai tujuan tertentu. Dan sebelum melakukan sesuatu pasti kita mempunyai niat entah itu baik maupun buruk.

Menata niat adalah tajuk utama dari artikel yang saya tulis ini.

Manusia dikaruniai Allah otak untuk berfikir dan otak ini sering kali disindir di dalam Al-Qur'an. Mungkin karena otak dan pikiran di dalamnya merupakan kelebihan manusia yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Atau mungkin bahkan otak manusia ini sering disebut karena manusia lupa kalau dikaruniai otak untuk berfikir.

Kembali kepada menata niat. Menurut beberapa pengamatan saya, niat seseorang sering dipengaruhi oleh kesempatan-kesempatan yang ada dihadapannya. Kadang kala kita yang telah mempunyai niat baik misalnya bisa saja berubah menjadi niat buruk karena kesempatan yang dibuat oleh syetan. Suatu hal yang wajar dan mungkin cukup mengenaskan.

Dalam kehidupan kita sehari-hari niat yang baik sebelum melakukan sesuatu adalah hal yang sangat penting, kenapa?. Karena niat baik itu menentukan setiap kesuksesan yang akan kita capai. Jika niatan sudah bisa dibilang buruk alias bertentangan dengan syariat malah bukan kesiksesan yang akan kita capai justru sebaliknya. Banyak mudharat yang akan kita temui.

Pada awal artikel, saya sedikit membahas tentang otak. Otak merupakan pusat kendali super canggih yang diciptakan Allah. Bahkan tidak ada yang menyamai ciptaan sang Khaliq ini. Lalu kenapa otak? Apa hubungannya dengan niat? Lagi - lagi kita akan dihadapkan dengan kalimat yang sering kali disebut Allah dalam Al-Qur'an yaitu 'pernahkah engkau berfikir'. Saat kita dihadapkan pada suatu kesempatan yang bisa mengubah niat kita, layaknya kita harus berfikir beberapa kali lagi karena kita adalah makhluk berotak dan mempunyai kemampuan untuk berfikir pada kadar fikirnya masing-masing. Kalau saja setiap manusia dapat memikirkan kembali niat buruj yang akan diperbuatnya pasti tidak ada kesulitan yang akan dialaminya setelah melakukan satu pekerjaan dengan niat buruk.

Segala sesuatu tergantung pada niatnya

1 Response to "Pentingnya Niat"

Abdul Cholik Says :
May 21, 2009 at 11:16 PM

-benar mas, semua perbuatan baik harus didahului dengan niat.
-terima kasih sudah berkunjung ke blog ku di sejutablog.
-salam

Post a Comment