Disiplin? Sudahkah?

Beberapa hari yang lalu ada sebuah mata kuliah yang terasa menjewer telinga saya dengan lembut. pembahasan mengenai hukuman dan disiplin membuat saya tergerak untuk introspeksi lebih jauh lagi tentang diri saya. Definisi saya mengenai dua hal tersebut adalah 'Hukuman adalah tindakan yang diberikan kepada individu yang melanggar aturan . Tujuan diberikan hukuman ini adalah untuk memberikan efek jera pada terhukum, kaitannya agar tercipta satu pengendalian yang akan menimbulkan satu kedisiplinan.

Saat kuliah berlangsung pikiran saya sempat juga melayang-layang entah kemana dan mengenang saat-saat saya jatuh dalam bidang pendidikan karena perbuatan saya yang notabene buruk dan tidak pernah menerapkan disiplin dalam diri, akhirnya saat ada hukuman yabg cukup berat, itu merupakan cambuk untuk merubah sikap.

Setelah melalui masa-masa remaja yang serba sulit itu, akhirnya saat ini saya mulai disadarkan lagi mengenai arti sebuah kedisiplinan karena beberapa waktu lalu saya selalu mengalai kesulitan dalam keuangan. Masa-masa sulit ini bisa saya lalui setelah saya mencoba untuk meningkatkan intensitas dan kedisiplinan ibadah.

Dari sini dapat saya simpulkan bahwa, disiplin merupakan hal yang mutlak diperlukan dalam setiap aktifitas dan setiap kesempatan. Jika sudah terbiasa melakukan disiplin banyak hal positif yang akan kita dapatkan. Dan kuncinnya adalah "Jangan tunggu hukuman untuk disiplin". Mari kita mencoba berubah menjadi makhluk yang lebih bermanfaat dan makhluk yang lebih baik pastinya. Salam

2 Responses to "Disiplin? Sudahkah?"

Yendri K.P Says :
June 5, 2009 at 8:21 PM

Disiplin Merupakan Cermin Kepribadian dari seseorang. Bisa dilihat bagaimana dia dalam memanage jadwal-nya. Salam kenal.

Satria Abdullah Says :
June 6, 2009 at 6:37 AM

Thanks udah mampir di blog saya,,
Thanks juga masukannya, sangat membantu,,,

Post a Comment