Pancasila, Penting Loh !!

Indonesia negara kita tercinta mempunyai sebuah dasar negara yang senantiasa dijunjung tinggi oleh tiap generasi. Nilai luhur didalamnya selalu digunakan untuk mendasari undang-undang yang berlaku di Indonesia. Dalam perkembangannya, pancasila tidak lagi menjadi tolak ukur dalam hal politik.

Dalam sila pertama diungkapkan bahwa unsur ketuhanan menjadi unsur yang paling hebat. Karena butir ini menjiwai sila-sila yang lain dibawahnya. Yah, itulah unsur ketuhanan yang mengambil peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam unsur ketuhanan ini terdapat sebuah sub-sistem yang dikenal sebagai agama (sistem kepercayaan) yang mempunyai 3 unsur pokok yaitu unsur credo, ritus, dan moral (mengatur tentang perilaku manusia). Nah inilah yang harusnya benar-benar dicamkan oleh setiap calon pemimpin maupun pemimpin yang sedang dipercaya memimpin negeri ini.

Alasan ekonomi dan kesejahteraan rakyat adalah salah satu dari sekian banyak program yang dijanjikan oleh sebagian besar petinggi-petinggi negara yang menjabat. Huh dalam kasus ini, pengendalian terhadap moral yang merupakan bagian dari unsur dalam sila pertama seakan terabaikan karena alasan ekonomi dan kesejahteraan rakyat adalah yang paling utama. Mengembalikan Indonesia ke dalam dasar negara kita yaitu pancasila adalah ide utama dari artikel saya kali ini. Kenapa hal itu perlu dan sangat penting?, menurut saya pengembalian konsep dan visi kepemimpinan akan lebih efektif karena dengan membaiknya moral bangsa maka akan timbuk satu tonggak kenegaraan yang solid. Yang paling penting jika bangsa disadarkan akan pentingnya pemahaman agama maka sedikit diantara orang-orang Indonesia akan memperbuat sesuatu tanpa didasari moral. Dengan pendapat saya itu saya berharap jika tercipta kesadaran akan nilai luhur pancasila akan tercipta pula kesejahteraan rakyat.

Meskipun terkesan sulit, saya berharap hal ini dapat direalisasikan suatu saat nanti oleh generasi penerus bangsa yang sadar akan nilai luhur pancasila.

0 Responses to "Pancasila, Penting Loh !!"

Post a Comment